Wednesday 29 October 2014

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Sehat ditentukan dari jenisnya. Ada begitu banyak jenis makanan untuk arwana akan tetapi tidak semua makanan tersbeut baik bagi kondisi kesehatan dan performa ikan arwana. Setiap jenis makanan memiliki khasiat dan fungsi tersendiri bagi ikan arwana yang anda pelihara. Sebagai contoh, katak dan ikan kecil dapat anda jadikan pilihan apabila anda sedang berusaha meningkatkan pertumbuhan dari ikan arwana. Sedangkan makanan lainnya seperti udang, kelabang, serta jangkrik dapat anda pilih apabila anda bertujuan untuk mempercantik dari ikan arwana yang anda pelihara.

Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Sehat

Jenis Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Sehat


Merawat ikan arwana memang gampang-gampang susah, anda harus jeli dalam menentukan makanan apa yang baik untuk ikan kesayangan anda tersebut. Ada beberapa jenis makanan yang justru dapat membahayakan kesehatan dari ikan tersebut. Contohnya adalah ikan seribu dan ikan gabus anakan, kedua ikan tersebut ternyata dapat menjadi penyebab patahnya sungut ikan arwana. Pergerakan kedua ikan tersebut cukup lincah sehingga terkadang ikan arwana kesulitan untuk menangkapnya dan bisa jadi terbentur ornamen di dalam akuarium ataupun kaca akuarium itu sendiri. Oleh karenanya kedua jenis makanan ikan tersebut sebaiknya dihindari.

Jenis makanan lain yang sebaiknya anda hindari adalah udang. Mengapa demikian? Karena udang biasanya berkeliaran di dasar kolam. Posisi udang yang berada di bawah akan memaksa mata arwana untuk memandang ke arah bawah. Jika terlalu sering, itu bisa mengakibatkan mata dari ikan arwana menjadi juling. Makanan yang sebaiknya anda hindari juga adalah anakan ikan mas. Anakan ikan mas bisa menjadi pembawa jamur white spot. Sisik dari anakan ikan mas juga terkadang lepas dan itu bisa mengakibatkan bau yang tidak sedap pada akuarium anda, bila sudah begitu bukan tidak mungkin ikan arwana anda menjadi stress. Lalu sebenarnya makanan jenis apa yang cocok untuk ikan arwana?

Karena sangat tidak lazim untuk memberi makan arwana dengan pelet, maka sebaiknya anda mencari jenis makanan hidup yang posisinya terapung, misalnya serangga. Mengapa demikian? Karena apabila kita memberikan makanan seperti ikan atau udang, terkadang hewan tersebut bisa saja mati. Bila sudah mati tentu akan membuat akuarium menjadi kotor dan kualitas air di dalamnya menjadi menurun. Selain itu, ikan atau udang yang mati agak sulit untuk dibersihkan dari akuarium. itu juga bisa memicu resiko penyakit pada ikan arwana bila ternyata udang atau ikan yang mati tersebut disantap oleh sang arwana.

Jenis makanan seperti serangga lebih disarankan karena posisinya terapung, ikan arwana lebih menyukai makanan yang  berada pada permukaan air dan bergerak-gerak. Selain menghindarkan ikan arwana dari resiko juling, serangga yang mati juga lebih mudah dibersihkan karena pasti akan terapung sehingga tidak mengotori air yang ada di dalam akuarium. Untuk selingan, sesekali anda boleh memberikan pellet untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin bagi ikan arwana kesayangan anda.


Demikian tips singkat dari saya mengenai jenis Makanan Ikan Arwana yang Baik dan Sehat. Mulai sekarang, pintar-pintarlah memilih makanan untuk ikan hias peliharaan anda karena itu menentukan kesehatan dan performa dari ikan kesayangan anda tersebut.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment