Monday 27 October 2014

Ikan Hias - Di negara kita tercinta Indonesia, ada banyak sekali ragam jenis ikan hias terutama yang hidup di air tawar. Jenis-jenis ikan hias air tawar tersebut setidaknya terdiri dari 400 spesies. Namun, hanya sekitar 90 spesies saja yang masih aktif dibudidayakan sampai saat ini.

Dibandingkan dengan ikan hias air laut, ikan hias air tawar cenderung lebih mudah untuk dipelihara atau dibudidayakan. Oleh karenanya, kebanyakan peternak ikan lebih memilih untuk membudidayakan jenis ikan hias air tawar.bagi anda  yang baru mulai menyukai dunia ikan hias, saya sarankan untuk memulainya dengan memelihara ikan hias air tawar terlebih dahulu karena cara merawatnya mudah serta tidak membutuhkan teknologi yang canggih. Untuk pilihan jenis ikan hias, yang paling terkenal di negara kita adalah ikan arwana dan ikan cupang. Sedangkan untuk ikan hasil domestikasi, yang menjadi favorit adalah ikan koi, koki, ikan guppy dan juga discus. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai ragam jenis ikan hias yang hidup di air tawar, simak rangkumannya di bawah ini:

Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer di Indonesia

Jenis-jenis ikan hias air tawar terpopuler


Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki nama ilmiah Betta sp. Ikan ini adalah salah satu ikan hias air tawar endemik asal Asia tenggara. Ikan ini kebanyakan hidup didaerah rawa dan aliran sungai di daerah tropis. Ikan ini terbilang cukup kuat karena dapat hidup pada volume air yang cenderung sedikit dan minim akan oksigen. Cupang dapat menjadi pilihan yang baik bagi anda yang ingin mencoba memelihara ikan karena tidak membutuhkan biaya yang banyak. Cukup menaruhnya di toples kecil saja ikan ini bisa tetap hidup.

Ikan cupang lebih terkenal sebagai ikan aduan. Ikan ini terbilang agresif ketika melihat ikan lain. Bila dua ekor pejantan disatukan dalam sebuah toples maka bisa dipastikan keduanya akan berkelahi dan saling melawan. Sifatnya yang agresif menjadi daya tarik tersendiri bagi para peminat ikan hias tipe aduan. Ikan ini masih menduduki peringkat teratas sebagai ikan hias favorit karena harganya yang tidak terlalu mahal dan perawatannya juga sangat mudah sehingga siapa saja dapat memliharanya.

Ikan Mas Koki

Meski termasuk ke dalam keluarga ikan mas, ikan mas koki tidak termasuk ke dalam jenis ikan konsumsi. Sirip-siripnya yang melebar dan menjuntai menjadikan ikan ini slaah satu primadona ikan hias air tawar. Awalnya ikan ini sangat populer dibudidayakan oleh masyarakat di jepang. Setelah masuk ke indonesia, ikan mas koki menjadi salah satu ikan hias yang paling diminati selain karena warnanya yang beragam, bentuk ikan mas koki juga bisa dibilang lucu dan cukup unik dengan bagian perut yang tampak kembung. Di indonesia, ikan mas koki banyak dibudidayakan di daerah Tulung Agung, Jawa timur.

Ikan Koi

Ikan dengan nama ilmiah Cyprinus carpio L ini merupakan hasil persilangan beragam jenis ikan mas sehingga corak warnanya menjadi variatif. Pertama kali populer di jepang, ikan koi lama-kelamaan juga merambah pasar Indonesia. Kebanyakan orang di Indonesia memelihara ikan ini karena ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa ikan koi merupakan salah satu ikan yang membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya. Bila ingin memelihara ikan ini, pstikan anda memiliki ruang atau kolam yang cukup luas karena ikan ini membutuhkan ruang gerak yang luas. Dan pastikan juga anda berkonsultasi dengan ahli karena sangat sulit untuk menemukan ikan koi dengan kriteria yang berkualitas.

Ikan Arwana

Arwana adalah ikan endemik Indonesia. Ikan jenis ini banyak dijumpai diperairan sungai kalimantan dan juga irian jaya. Pada awalnya ikan ini adalah ikan liar yang hanya bisa didapatkan dengan cara memancing atau menjaringnya. Namun saat ini sudah banyak sekali peternak ikan yang membudidayakan ikan arwana. Bila ingin memelihara ikan ini, pastikan anda memiliki budget yang memadai karena ikan ini adala salah satu ikan hias yang dipatok dengan harga tinggi. Harga satu ekor ikan arwana bisa mencapai jutaan rupiah. Ikan arwana banyak dibudidayakan di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Ikan Guppy

Ikan Guppy atau ada juga yang menyebutnya ikan Gepi adalah ikan yang berasal dari Amerika. Ikan ini bisa kita jumpai di Indonesia karena kemampuan beradaptasinya yang hebat. Ikan ini pertama kali masuk ke nusantara pada sekitar tahun 1920. Bila anda menginginkan ikan yang cepat berkembang biak, tidak ada salahnya anda memilih ikan Guppy. Ikan inti terkenal mudah berkembang biak dan bisa melahirkan banyak anak.

Ikan Louhan

Dulu ikan louhan sempat menjadi ikan yang amat diminati dikalangan pecinta ikan hias, namun sekarang kharisma dari ikan ini nampaknya mulai memudar. Daya tarik yang ada pada ikan louhan adalah corak sisik pada tubuhnya yang bisa membentuk nama dan huruf china. Disamping itu, cirikhas dari ikan ini adalah baian kepala yang menonjol.

Ikan Discus

Nama discus diambil dari kata disc(piringan) karena ikan ini memiliki bentuk pipih dan agak bulat seperti piringan. Ikan ini memiliki warna yang amat mencolok. Warna mencolok tersebutlah yang menajdikan banyak orang menyukai ikan hias yang satu ini. Akan tetapi, ikan ini butuh perawata yang rutin karena ikan ini dikenal mudah untuk stress dengan perubahan kondisi sekitar.


Itulah sedikit pembahasan mengenai jenis-jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia. Jadi apakah anda sudah memutuskan untuk memelihara salah satu dari ketujuh ikan di atas?
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment